Ramah Tamah PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah dengan Duta Besar Arab Saudi

PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah & Dubes Saudi Arabia
Pimpinan Pusat Al-Irsyad Al-Islamiyyah bersama Duta Besar Arab Saudi dan Staf

Al-Irsyad Online: Memenuhi undangan Duta Besar Arab Saudi,  Pimpinan Pusat Al-Irsyad Al-Islamiyyah bersilaturahim ke kediaman Duta Besar Arab Saudi, Syeikh Abdurrahim al-Khayyat, di Jalan Teuku Umar Jakarta, pada hari Senin 14 Jumadil Akhir 1439 H atau 8 Juni 2009 M. Acara ramah tamah tersebut kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama.

Pertemuan silaturahim ini dimaksudkan untuk meningkatkan kerjasama yang lebih baik dan komunikasi yang lebih lancar antara Al-Irsyad Al-Islamiyyah dengan pihak Kedutaan Besar Arab Saudi. Seperti diketahui, akhir-akhir ini komunikasi antara keduanya kurang intens akibat ulah kelompok dan orang-orang tertentu.

Selain duta besar, dari pihak kedutaan besar Arab Saudi juga hadir wakil duta besar, atase militer dan atase agama.  Sementara rombongan PP Al-Irsyad yang berjumlah 14 personil pengurus dipimpin langsung oleh ketua umum, H. Abdullah Djaidi.

Dalam sambutannya, Duta Besar Abdurrahim al-Khayyat menyampaikan bahwa silaturahim dengan PP Al-Irsyad ini dilakukan sesuai perintah dari Pemerintah Arab Saudi di Riyadh.

“Kami diperintahkan untuk memperhatikan dan mempererat kerjasama dengan PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah yang sejak awal berdirinya organisasi ini sudah mempunyai ikatan historis dengan Arab Saudi. Ia juga menegaskan bahwa sikap resmi kedutaan besar sebagai perwakilan resmi Kerajaan Arab Saudi di Indonesia tetap menghormati semua aturan dan undang-udang yang berlaku di Republik Indonesia.

Sebagai duta yang merupakan wakil negara, al-Khayyat menyatakan tidak akan mencampuradukkan antara hubungan-hubungan pribadi dan institusi. Demikian pula kedubes tidak ingin  mencampuri, apalagi terlibat dalam konflik internal organisasi. Dalam kapasitasnya sebagai perwakilan negara asing di Indonesia, kedubes tetap bersedia menerima dan bekerja sama dengan institusi manapun sejauh instusi tersebut diakui keberadaannya secara hukum oleh pemerintah Republik Indonesia.

Ketua Umum PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah, H. Abdullah Djaidi menyampaikan ucapan terimakasih terhadap niat baik Duta Besar Arab Saudi dan seluruh jajarannya, serta menyambut baik ajakan pihak kedubes untuk terus  meningkatkan kerjasama antara kedua institusi demi terciptanya kemaslahatan, khususnya bagi kaum muslimin di Indonesia.

Abdullah Djaidi juga menyatakan kefahamannya atas sikap Dubes Arab Saudi terhadap institusi atau ormas lain tersebut.

Menyikapi konflik internal di organisasi Al-Irsyad, Duta Besar tetap sangat mengharapkan adanya penyelesaian yang baik, dan lebih senang sekiranya hanya ada satu organisasi Al-Irsyad.

Menanggapi hal yang tersebut, Ketua Dewan Pakar PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah, Ir. Ahmad Ganis, mengutarakan bahwa sebagai organisasi yang terbiasa berdemokrasi dan dengan pengalaman yang cukup panjang, maka insya Allah Al-Irsyad Al-Islamiyyah akan mampu menyelesaikan konflik internalnya dengan cara yang terbaik bagi warga dan kaum muslimin pada umumnya.* (ZA)

Ramah Tamah PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah dengan Duta Besar Arab Saudi

Satu gagasan untuk “Ramah Tamah PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah dengan Duta Besar Arab Saudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *