PP Al-Irsyad Lakukan Safari ke Pantura Jawa Barat

Pimpinan Pusat Al-Irsyad Al-Islamiyyah pada tanggal 11 dan 12 Agustus melakukan safari kunjungan kelima cabang di wilayah Pantura Jawa Barat. kelima cabang itu adalah Kota PC Cirebon, PC Indramayu, Haurgeulis, Ciledug, dan terakhir Sindang Laut.

Tim dari Pimpinan Pusat terdiri dari Ridho Baridwan (wakil ketua umum), Sulaiman Ganis (ketua majelis sosial dan ekonomi), Mubarak Nahdi (ketua majelis awqaf dan yayasan), Ahmad Bahanan (wakil sekjen), Thalib Makky (wakil bendahara), dan Zeyd Amar (kepala kantor sekretariat). Turut serta pula Mansyur Alkatiri, sekretaris PB pemuda Al-Irsyad, badan otonom yang baru dideklarasikan di Jakarta  sehari sebelumnya. Mansyur memanfaatkan kunjungan ini untuk mensosialisasikan pembentukan otonomi Pemuda Al-Irsyad kelima cabang yang dikunjungi.

Masing-masing pengurus menginformasikan program kerja PP, terutama di bidang pendidikan, sosial ekonomi, Yayasan, dan organisasi.

Cabang pertama yang dikunjungi adalah PC Haurgeulis, sebuah kota kecamatan di Kab. Indramayu yang berkembang sangat pesat. Cabang ini memiliki sebuah Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), SMK Bisnis Manajemen, dan Rumah Sakit yang tengah dikembangkan.

PP diterima oleh tim pengurus PC Haurgeulis yang dipimpin ketuanya Fuad Ali Bajrei. Pertemuan yang diselingi dengan makan siang itu berlangsung di RS Syahid Al-Irsyad Al-islamiyyah.

Dari Haurgeulis rombongan PP menuju ke Indramayu,  bertemu dengan pengurus PC dan Yayasan setempat, termasuk ketua PC Faisal al-Bugri dan ketua yayasan, Muhammad Basamkhah, di sekretariat PC Indramayu. Dilanjutkan dengan peninjauan ke TK dan SD Al-Irsyad setempat.

Malam harinya, rombongan PP Al-Irsyad bertemu dengan pengurus PC dan Yayasan Al-Irsyad Kota Cirebon di kawasan wisata Sangkanurip, diawali dengan makan malam.

Dari PC hadir wakil ketuanya Nasir Baraba dan pengurus lainnya, sedang dari Yayasan hadir ketua dewan pengurus Nabil Bafadhal, dan dari dewan pembina Yayasan hadir Ustadz Cholid bin Zoo dan Hamid Abud Attamimi.

Esok harinya, rombongan PP berkunjung ke cabang Ciledug (Cirebon I) dan Sindanglaut (Cirebon II). Keduanya  memang masuk wilayah kabupaten Cirebon.

Di Ciledug pertemuan dengan pengurus cabang yang diketuai oleh Saleh Bayasut. cabang yang sudah berusia 15 tahun ini memiliki sebuah TK Al-Irsyad yang kondisinya memerlukan bantuan karena kesulitan menambah prasarana bermain anak-anak, hingga TK yang merupakan pionir di wilayahnya itu kini mulai berkurang muridnya, tersedot oleh TK baru yang lebih lengkap sarananya.

Di Sindang Laut (Cirebon II), rombongan PP ditemui lengkap oleh pengurus cabang setempat, yang diketuai oleh  Tolib Bayasut. Cabang ini sudah memiliki TK dan SDIT Al-Irsyad. dan sedang berusaha membangun SMP.

Yang menggembirakan lagi, Tolib Bayasut bahkan siap mewakafkan tanah dan sekolah (TKIT, TPA, dan MDA) milik yayasan keluarganya di karangsembung, ke Perhimpunan Al-Irsyad Sindang laut. Keinginan Tolib Bayasut ini disambut baik oleh PP Al-Irsyad.

“Semoga Allah Ta’ala memberi pahala yang besar kepada keluarga Bapak Tolib ini,” kata Ridho Baridwan, wakil  ketua umum PP, sambil mengucapkan terima kasih.

Setelah acara di Sindang laut, rombongan PP segera meluncur ke Kota Cirebon, meninjau sekolah-sekolah di sana, dari TK sampai Sekolah Menengah Komputer (SMK) Al-Irsyad, yang kini menjadi unggulan utama di Cirebon.* (MA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *